Kampusgw.com

Menu

5 Situs Kerja Lepas Andalan Mahasiswa Indonesia

Semua orang pasti tahu bahwa tugas utama seorang mahasiswa ialah belajar. Belajar dalam arti yang sesungguhnya tentunya. Tidak hanya belajar di dalam kelas yang hanya berkutat kepada teori, akan tetapi juga belajar menerapkan ilmu di lapangan. Itu semua dapat dilakukan dengan beragam cara mulai dari aktif di organisasi dalam kampus, komunitas, kegiatan kesukarelawanan, perlombaan, pengabdian masyarakat hingga penelitian. Beragam kegiatan tersebut diyakini mampu mengasah kecerdasan emosial, jiwa kepemimpinan, kepekaan sosial dan kemandirian.
Di luar dari kegiatan di atas, yang belakangan ini digandrungi mahasiswa ialah kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kewirausahaan. Sebut saja bekerja lepas, magang, kerja paruh waktu dan berbisnis sendiri. Hal tersebut tentu menjadi fenomena baik lantaran setiap tahunnya tidak sedikit dari lulusan Diploma dan Sarjana yang masih berorientasi mencari pekerjaan.
Bekerja lepas atau yang lebih dikenal dengan istilah freelance merupakan salah satu kesibukan yang dari waktu ke waktu semakin diminati mahasiswa. Bekerja lepas tidak serta-merta mengisi waktu luang. Lebih dari itu, jika dikerjakan secara serius bukan tidak mungkin setelah lulus bakal menjadi sumber penghasilan utama. Apalagi jika pekerjaan lepas tersebut sesuai dengan hobi, minat, bakat dan passion. Tentu saja, ini sangat mendukung pengembangan diri dan menunjang finansial seorang mahasiswa. Dari beragam sumber bahkan disebutkan bahwa mahasiswa yang menekuni pekerjaan lepas memiliki “nilai lebih” ketika memasuki dunia kerja. Bahkan, banyak juga yang merintis bisnis sendiri dari pekerjaan lepas tersebut.
Nah, dewasa ini makin banyak saja situs web yang mempertemukan pekerja lepas dengan klien/pengguna jasa pekerjaan lepas. Situs web ini tentu saja sangat membantu mahasiswa yang ingin menambah “uang saku”, menyalurkan hobi, menambah portofolio sampai menjadi andalan bagi yang sudah tidak meminta biaya dari orang tua untuk kuliah. Berikut ialah situs-situs web yang dimaksud:

Freelancer.co.id
Merupakan situs web versi Indonesia dari Frelancer.com. Adalah pasar freelancing, outsourcing, dan crowdsourcing terbesar di dunia, berdasarkan jumlah pengguna dan proyeknya. Situs ini menghubungkan lebih dari 13,760,658 pemberi kerja dan freelancer secara global dari lebih 247 negara, wilayah dan kawasan. Melalui pasar ini, pemberi kerja mempekerjakan freelancer untuk melakukan pekerjaan di berbagai bidang seperti pengembangan perangkat lunak, penulisan, entri data dan desain sampai ke teknik, ilmu pengetahuan, penjualan dan pemasaran, akuntansi dan layanan. Bagi kamu yang berbajat desain, menulis, dan IT; tidak ada salahnya untuk mencoba.

Ruangfreelance.com

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Situs web yang berbasis di Bandung ini membahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi.

Sribulancer.com
Sribulancer.com merupakan pasar online untuk mencari freelancer/pekerja berkualitas yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Walau belum lama berdiri, kategori kerja yang ditawarkan ternyata sangat beragam. Sebut saja SEO, Bug Fixing, Website Development, Translation, Tax & Accounting, Data Entry, Photography, Blog & Article Writing dan seterusnya. Menarik kan?

Ruangguru.com
Ruangguru.com merupakan situs yang menghubungkan calon murid untuk menemukan calon guru yang berkualitas. Situs ini sangat cocok bagi mahasiswa yang hobi mengajar sekaligus belajar. Di sini kamu tidak hanya bisa menjadi guru, akan tetapi juga menjadi murid dan duta.

Kreavi.com
Kreavi.com merupakan situs web jejaring sosial sekaligus marketplace untuk pekerja kreatif visual di Indonesia. Situs yang dikembangkan sejak Desember 2011 ini merupakan tempat kumpul virtual yang dapat digunakan untuk memamerkan karya. Pengguna juga dapat memanfaatkannya sebagai bursa mencari peluang bisnis dan pekerjaan.

Categories:   Karir

Comments

  • Posted: Aug 2, 2018 21:46

    fun88indo

    makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat
  • mm

    Posted: Aug 3, 2018 08:23

    admin

    Sama-sama ya.

error: Content is protected !!