Kerja & Kuliah Kelas Karyawan

Persaingan dunia kerja semakin sengit dari waktu ke waktu. Realita ini menuntut setiap individu untuk memiliki kompetensi di atas rata-rata untuk dapat bersaing. Orang-orang yang pandai belum mempunyai jaminan untuk memenangkan kesempatan. Terlebih lagi para lulusan SMA. Mereka seringkali terperosok atau terjerembab karena kalah bersaing dengan para sarjana. Para lulusan SMA tersebut tentu saja membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi. Permasalahannya adalah biaya kuliah semakin melangit dari tahun ke tahun. Bagi para lulusan SMA yang tidak memiliki dana memadai untuk kuliah, maka pilihan terbaik adalah bekerja.

Harus diakui bahwa lapangan pekerjaan di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah pekerja. Untuk itu, para lulusan SMA harus jeli melihat peluang. Terdapat beberapa pekerjaan yang masih membutuhkan jasa lulusan SMA seperti pramusaji, pramuniaga, kasir, karyawan pabrik, kru bioskop, satpam, guru bimbel, guru les privat, dan masih banyak lagi. Bekerja pada dasarnya adalah untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Tentunya harus disisihkan untuk tabungna. Bagi yang ingin kuliah tanpa meninggalkan pekerjaan, maka program kelas karyawan adalah pilihan terbaik.

Program kelas karyawan sejalan dengan misi pemerintah dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa “Pendidikan Tinggi diselenggarakan dengan Sistem Terbuka”. Pendidikan dengan sistem terbuka adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system). Konsep pendidikan terbuka (open education atau open learning) pada dasarnya merupakan suatu tujuan atau cita-cita kebijakan mengenai sistem pendidikan. Konsep ini menekankan pentingnya keluwesan sistem, terutama dalam meniadakan kendala tempat, waktu, dan aspek yang disebabkan oleh karakteristik mahasiswa seperti misalnya keadaan ekonomi.

Program kelas karyawan pada umumnya memang memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk mengikuti pendidikan di hari kerja, baik untuk jenjagn pendidikan sarjana (S1), pascasarjana (S2) dan maupun pendidikan profesi. Program kelas karyawan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kuliah regular, antara lain:

  • Waktu kuliah dapat disesuaikan dengan waktu kerja. Biasanya ada dua pilihan yaitu Kelas Sore (Senin-Jumat) yang berkisar antara pukul 17.00-21.30 WIB atau kelas akhir pekan (Sabtu-Minggu)
  • Biaya kuliah yang relatif terjangku dan dapat diangsur sesuai kemampuan
  • Terdapat banyak program studi atau jurusan pilihan
  • Biasanya sudah menerapkan sistim pembelajaran online (elearning). Jadi, mahasiswa yang tidak dapat masuk kuliah dapat mengakses materi kuliah atau rekaman dosen
  • Pada umumnya sudah menerapkan perpustakaan online/digital (elibrary). Jadi, mahasiswa dapat mengakses buku, jurnal atau bahan kuliah dengan murah dan mudah
  • Fasilitas kampus yang tidak kalah dengan kuliah regular
  • Pada umumnya memberikan program beasiswa bagi yang benar-benar kurang mampu
  • Beberapa perguruan tinggi menyediakan kredit mahasiswa tanpa bunga
  • Hak akademik, gelar ijazah dan legalitasnya sudah diakui pemerintah

Terdapat beberapa perguruan tinggi yang membuka kelas karyawan, antara lain:

Kuliah kelas karyawan memang sangat membantu bagi lulusan SMA yang kurang mampu. Dengan memilih kelas karyawan, setiap orang dapat kuliah tanpa meninggalkan pekerjaan. Yang lebih menguntungkan lagi, mahasiswa dapat menyerap teori dan praktik di lapangan secara bersamaan. Suatu pengalaman yang tidak dimiliki oleh mahasiswa kelas regular. Bagaimana? Apakah Anda tertarik?


Artikel ini ditulis oleh penulis KampusGw.  Agung Setiyo Wibowo adalah Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Sebelum bekerja di SWA Media, ia mengabdikan dirinya di Schlumberger, Partnership for Governance Reform (Kemitraan), ASEAN dan Kompas Gramedia. Ia tertarik pada isu politik, kebudayaan dan komunikasi pemasaran.


Share

About Agung Setiyo Wibowo

Agung Setiyo Wibowo adalah Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Sebelum bekerja di SWA Media, ia mengabdikan dirinya di Schlumberger, Partnership for Governance Reform (Kemitraan), ASEAN dan Kompas Gramedia. Ia tertarik pada isu politik, kebudayaan dan komunikasi pemasaran.
Webste: http://kampusgw.com
All Posts : 88

One Comment

  1. lina maulidiana says:

    tolong di beri penjelasan sistem perkuliahan kelas karyawan yg dilaksanakan setiap hari sabtu…tentang tatap mukanya misalnya…tks

LEAVE A REPLY

*

Current day month ye@r *