Kampusgw.com

Menu

Keuntungan Kuliah di Yogyakarta

Yogyakarta, Jogjakarta, atau yang lebih dikenal dengan Jogja adalah salah satu kota pelajar paling populer di Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan pelajar dari seluruh penjuru tanah air memadati kota ini untuk menimba ilmu. Baik di tingkat perguruan tinggi maupun sekolah menengah atas. Ada beragam jawaban mengapa kota ini menjadi incaran para pelajar. Nah, berikut adalah beberapa keuntungan kuliah di Yogyakarta versi Kampusgw.com.

Banyaknya Perguruan Tinggi Unggulan

Yogyakarta merupakan “rumah” bagi beragam kampus unggulan di Indonesia. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Dilihat dari program studi atau jurusan yang ditawarkan, Jogja juga memiliki segalanya. Perguruan tinggi yang paling diidam-idamkan di kota ini ialah Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Katolik Atmajaya Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Sanatha Darma,

Kentalnya Atmosfer Intelektualisme dan Pergerakan Mahasiswa

Dengan banyaknya perguruan tinggi yang berada di kota ini menjadikan atmosfer intelektualisme dan pergerakan mahasiswa begitu kental. Mahasiswa dapat memilih komunitas, organisasi, atau forum apa saja. Baik yang bersifat kemahasiswaan, kepemudaan, atau publik. Baik yang internal maupun antar kampus. Baik yang berbayar maupun gratis. Baik yang hanya beranggotakan mahasiswa lokal sampai internasional. Bergairahnya forum-forum diskusi jelas menjadi pertanda hidupnya kota pelajar ini. Oleh karena itu, pergerakan mahasiswa di kota Gudeg ini juga menjamur. Belakangan ini, denyut kewirausahaan dan industri kreatif juga makin bergeliat.

Terjangkaunya Biaya Hidup

Biaya hidup merupakan faktor yang sangat dipertimbangkan oleh calon mahasiswa dan orangtua. Wajar saja, dari waktu ke waktu biaya kuliah makin melambung. Oleh karena itu, tak mengherankan jika kota-kota yang “ramah” dengan Wong Cilik menjadi incaran semua orang. Mungkin Jogja berada di urutan pertama dari sisi ini. Pengeluaran untuk sewa tempat tinggal (indekos), makan dan minum, laundry, maupun kehidupan sehari-hari lainnya masih pro-mahasiswa sejauh ini. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Makassar atau Denpasar.

Dekat dengan Pusat Kebudayaan Jawa

Bersama dengan Solo atau Surakarta, Jogja merupakan jantung kebudayaan Jawa. Oleh karena itu, kota ini merupakan pilihan utama bagi mahasiswa yang ingin mendalami budaya Jawa. Selain memiliki keraton dengan beragam peninggalannya, kota ini juga menyuguhkan banyak sanggar seni dan padepokan budaya. Jogja juga menjadi pintu utama bagi para pelancong yang mengunjungi Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Mungkin bagi yang pernah atau sedang belajar di Yogyakarta memiliki lebih banyak lagi jawaban mengapa kota ini “ramah” dengan mahasiswa. Semoga beberapa poin di atas bermanfaat untuk sahabat Kampusgw.com. Salam mahasiswa!

Categories:   Ragam

Comments

  • Posted: Feb 14, 2018 10:17

    Vita

    Infonya sangat bermanfaat. Terima kasih banyak :)
  • mm

    Posted: Feb 14, 2018 13:28

    admin

    Sama2 ya.
  • Posted: Jul 7, 2018 23:07

    kuliah murah yogyakarta

    jogja tempatnya kuliner, wisata dan Pendidikan dong :)
  • Posted: Mar 10, 2019 04:17

    yosef krisna

    saya lulusan yogyakarta, keuntungannya lulusan dari Yogyakarta sangat diperhitungkan di tempat kerja
  • mm

    Posted: Mar 11, 2019 14:09

    admin

    O begitu ya Kak Krisna. Terima kasih infonya.

error: Content is protected !!