BEASISWA PEMERINTAH KOTA LHOKSEUMAWE

Lambang Kota Lhokseumawe

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pendidikan adalah investasi masa depan. Betapa tidak, di tengah semakin sengitnya mencari lapangan pekerjaan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat ditempuh melalui jalur ini. Sayangnya, dunia pendidikan Indonesia masih saja merana. Berbagai masalah dan tantangan bertubi-tubi menjegalnya. Salah satu masalah klise yang tak kunjung pudar adalah biaya. Setiap tahunnya ratusan ribu anak bangsa tidak mampu duduk di bangku perguruan tinggi lantaran ketiadaan biaya.

Memang, dari tahun ke tahun semakin banyak program beasiswa maupun bantuan pendidikan di Indonesia. Walaupun demikian, berbagai program beasiswa tersebut belum dapat menampung setiap lulusan SMA/SMK sederajat untuk kuliah disebabkan berbagai faktor. Kabar gembira bagi putera-puteri kota Lhokseumawe, Aceh. Kali ini, Pemerintah Kota Lhokseumawe menyediakan bantuan Biaya Pendidikan untuk mahasiswa Lhokseumawe yang menempuh pendidikan di Banda Aceh untuk program studi D-3/S-1, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Memiliki IPK minimal 2,75 (PTN), dan minimal 3,00 (PTS);
  2. Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima beasiswa/tunjangan ikatan dinas dari sumber lain manapun;
  3. Berasal dari keluarga yang kehidupan sosial ekonominya kurang mampu;
  4. a. Bagi mahasiswa program S1 Minimal semester II dan maksimal semester VIII.
    b. Bagi mahasiswa program Diploma III minimal semester II dan maksimal semester VI.
  5. Periode Januari s/d Desember 2012 belum dapat menyelesaikan studi dan tidak mengambil cuti akademik;

Caranya sangat mudah. Pendaftar diharuskan untuk membuat surat permohonan secara perseorangan kepada Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Pemuda Kota Lhokseumawe (IMPKL) Banda Aceh, dengan melampirkan dokumen sebagai berikut :

  • Mengisi Formulir Aplikasi Beasiswa (Download disini);
  • Mengisi Surat Permohonan Beasiswa (Download disini);
  • Fotokopi KTM;
  • Fotokopi KTP Warga Kota Lhokseumawe;
  • Fotokopi Kartu Keluarga Warga Kota Lhokseumawe;
  • Surat Keterangan masih aktif kuliah tahun 2012 dari pimpinan Fakultas (ASLI);
  • Fotokopi Kartu Hasil Studi (KHS) yang telah dilegalisasi oleh pihak berwenang, semester ganjil tahun akademik 2011/2012;
  • Fotokopi KRS semester genap tahun akademik 2011/2012 (terbaru);
  • Surat Keterangan Kurang Mampu / Surat Keterangan Gaji Orang Tua dari kepala desa/lurah Lhokseumawe dimana orang tua calon penerima beasiswa berdomisili;
  • Fotokopi buku rekening Bank atas nama sendiri dan masih aktif serta online pada salah satu bank (Bank BPD Aceh, Bank BNI 1946, Bank Mandiri, Bank BRI yang Online);
  • Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm, 3 lembar;

Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map dengan ketentuan sbb:

  1. Untuk D-3 : menggunakan map berwarna biru
  2. Untuk S-1 : menggunakan map berwarna merah

Berkas dapat dikirimkan ke alamat di bawah ini:

Sekretariat IMPKL Banda Aceh, Anjungan Kota Lhokseumawe, Komplek PKA, Jl. Ratu Safiatuddin, Lamprit, Banda Aceh, Setiap hari, Jam 08.00 s/d 12.00 WIB.

Catatan:

Masa penerimaan permohonan dimulai dari tanggal 8 Juni 2012 dan ditutup tanggal 10 Juni 2012. Permohonan yang tidak lengkap dan yang diterima setelah masa pengumuman ini tidak akan diproses, serta berkas menjadi dokumen IMPKL Banda Aceh. Keputusan Tim Seleksi Beasiswa bersifat final, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

Sumber:

http://impkl.org/?p=56


Artikel ini ditulis oleh penulis KampusGw.  Agung Setiyo Wibowo adalah Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Sebelum bekerja di SWA Media, ia mengabdikan dirinya di Schlumberger, Partnership for Governance Reform (Kemitraan), ASEAN dan Kompas Gramedia. Ia tertarik pada isu politik, kebudayaan dan komunikasi pemasaran.


Share

About Agung Setiyo Wibowo

Agung Setiyo Wibowo adalah Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Sebelum bekerja di SWA Media, ia mengabdikan dirinya di Schlumberger, Partnership for Governance Reform (Kemitraan), ASEAN dan Kompas Gramedia. Ia tertarik pada isu politik, kebudayaan dan komunikasi pemasaran.
Webste: http://kampusgw.com
All Posts : 87

LEAVE A REPLY

*

Current day month ye@r *