Beasiswa Prestasi Astra 2013

Kabar menggembirakan untuk rekan-rekan sekalian. Di tengah semakin mahalnya biaya pendidikan di jenjang perguruan tinggi, ternyata berbagai macam beasiswa terus bermunculan. Salah satu program beasiswa yang belum banyak diketahui adalah Beasiswa Prestasi Astra.

Program ini dimotori oleh PT. Astra International Tbk melalui Politeknik Manufaktur Astra yang diharapkan turut mencerdaskan anak bangsa dan mendorong kemajuan industri di Indonesia melalui penciptaan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.  Tentu saja, beasiswa tersebut juga diharapkan dapat membantu pembiayaan studi bagi siswa berprestasi secara akademis namun mengalami kendala pembiayaan.

Bentuk Beasiswa

Program Beasiswa Prestasi Astra ini terdiri dari 2 jenis yaitu Program Beasiswa Penuh dan Program Beasiswa Unggulan, dengan penjabaran sebagai berikut :

  • Program Beasiswa Penuh, diberikan dalam bentuk bebas biaya kuliah  selama 3 (tiga) tahun dan  pemberian  uang saku bagi mahasiswa yang bersangkutan setiap bulannya. Besarnya uang saku ditentukan oleh Surat Keputusan Direktur Politeknik Manufaktur Astra. Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap pemberian beasiswa di tiap semester dan berhak melanjutkan atau memberhentikan pemberian Program Beasiswa Prestasi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Program Beasiswa Unggulan, diberikan kepada calon penerima beasiswa yang telah ikut dalam  proses seleksi Program Beasiswa Penuh dan lolos seleksi sampai dengan tahap Psikotes dan Wawancara, akan tetapi karena keterbatasan kuota tidak masuk pada Program Beasiswa Penuh.  Program Beasiswa Unggulan diberikan dalam bentuk bebas uang sumbangan pendidikan.

Seleksi dan Nominasi Calon Penerima Beasiswa

Tujuan utama dari proses seleksi calon penerima beasiswa adalah untuk memastikan pemberian Beasiswa Prestasi Astra ini tepat sasaran. Keberhasilan dari program beasiswa ini bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi tercapainya bantuan pembiayaan studi bagi mahasiswa yang betul-betul memerlukan.

Seleksi terhadap calon penerima beasiswa akan dilakukan di Kampus Politeknik Manufaktur Astra dan di tempat-tempat di luar Kampus yang telah ditunjuk oleh Politeknik Manufaktur Astra.

Tahap-tahap seleksi adalah sebagai berikut :

1. Tahap 1 : Seleksi Administratif

2. Tahap 2 : Psikotes

3. Tahap 3 : Wawancara

4. Tahap 4 : Tes Kesehatan

Setiap tahapan seleksi berlaku  sistem gugur. Seluruh pengumuman proses

seleksi dilakukan melalui situs web www.polman.astra.ac.id

Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran.
  • Lulusan SMA/SMK (dibuktikan dengan ijazah/surat tanda lulus saat registrasi akademik);
  • Lulusan tahun 2013 atau saat ini sedang menempuh kelas XII;
  • Lebih diutamakan siswa SMA  jurusan IPA, SMK  bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi;
  • Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna. Untuk  pilihan  Konsentrasi  Teknik Otomotif (TO) dan  Teknik Alat Berat (TAB),  tidak memiliki masalah indra pendengaran, khusus untuk TAB, lebih diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm
  • Penghasilan orangtua total maksimal Rp 3.000.000,- dibuktikan dengan fotokopi surat keterangan penghasilan orang tua atau pernyataan penghasilan orangtua;
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir;
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terakhir;
  • Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah;
  • Fotokopi rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl rata rata 7,5 (Matematika, Fisika, Bahasa Inggris), tidak ada nilai di bawah 7,5;
  • Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain.
  • Fotokopi identitas diri (Kartu Pelajar/KTP/SIM)

Persyaratan administrasi ini menjadi acuan utama untuk proses selanjutnya. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan umum akan digugurkan dari proses  seleksi. Formulir yang sudah diisi lengkap beserta lampiran persyaratan lainnya dikirimkan ke alamat :

Panitia Program Beasiswa Prestasi Astra

Politeknik Manufaktur Astra

Kampus: Komplek Astra International Gedung B Lt. 5

Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II, Jakarta Utara 14330

Batas Akhir Penerimaan

Formulir permohonan beasiswa harus sudah diterima panitia PMB di Politeknik Manufaktur Astra selambat-lambatnya tanggal 4 Januari 2013.

Sumber: Beasiswa Prestasi Astra 2013

Link terkait:


Artikel ini ditulis oleh penulis KampusGw.  To change this standard text, you have to enter some information about your self in the Dashboard -> Users -> Your Profile box.


Share

5 Comments

  1. Apakah masih bisa daftar sekarang.? says:

    Bapak/Ibu
    Politeknik Manufactur Astra (PMA)

    Adakah info BU (Beasiswa Unggulan untuk bidang studi DKV (Desain Komunikasi Visual)
    tahun 2013/2014.?

    Saya siswa SMK N 11 Semarang. Teknik Kejuruan Persiapan Grafika.
    Kelas XII.

    Terima kasih.

  2. Ada. Silakan cek situs web perguruan tinggi yang kamu inginkan dan pahami betul-betul mekanisme Beasiswa Unggulan. Tapi alangkah baiknya kamu juga mencoba Beasiswa Bidik Misi yang lebih luas cakupannya: http://bidikmisi.kemdikbud.go.id/portal/
    Selamat mencoba dan semoga sukses.

  3. Trixgle says:

    hmm baru berkunjung pearmta kali diblog nya biologi . XXDDD apik tenan re semoga bisa di jadikan tempat curhat juga ;)susah seneng, asam manis, BIOLOGI .#thumbs up ^^b#

  4. Wah, informasi di website ini sangat menarik. Saya baru2 ini cari info akibat merokok, dan ternyata sebagian besar orang menyangka bahwa kantung mata terjai karena kurang tidur atau beristirahat. Namun menurut penelitian dari Johns Hopkins, efek nikotin akan membentuk kantong mata empat kali lebih parah dibandingkan dengan yang tidak merokok dan kurang beristirahat.

LEAVE A REPLY

*

Current day month ye@r *