Dibuka Pendaftaran Beasiswa Universitas Presiden 2013/2014

Dari tahun ke tahun biaya pendidikan di Indonesia semakin mahal, tak terkecuali untuk jenjang perguruan tinggi. Maka tidaklah berlebihan jika banyak anak-anak Indonesia yang mimpinya kandas di tengah jalan lantaran tidak memiliki biaya untuk mewujudkannya. Yang lebih menyediahkan lagi, bibit-bibit unggul penuh talenta dan berprestasi dari Sabang sampai Merauke yang seharusnya dijembatani pemerintah untuk melanjutkan kuliah juga bernasib sama. Di sisi lain, sebenarnya masih ada secercah titik terang untuk menjawab permasalahan ini, salah satunya adalah program beasiswa. Sayangnya, akses informasi beasiswa belum merata dan masih sulit untuk didapatkan.

Salah satu program beasiswa yang kini tengah “naik daun” untuk diburu para calon mahasiswa adalah beasiswa Universitas Presiden atau yang lebih populer dengan sebutan President University (PresUniv). Lembaga ini merupakan universitas swasta berstandar internasional pertama di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris (English) secara penuh sebagai bahasa pengantar. Universitas yang berdiri sejak 2001 ini diprakarsai oleh S.D. Darmono, pengusaha sukses yang juga pemilik PT. Jababeka.Tbk.

Bagi yang belum pernah mengenal kampus ini, Universitas President memiliki kampus utama di Jababeka Education Park, Kota Jababeka Bekasi Jawa Barat. Adapun untuk program studi Desain Komunikasi Visual bertempat khusus di kampus II, Menara Batavia di Jakarta.  Bagi yang berasal dari luar kota, Universitas President telah menyediakan kompleks asrama yang tidak jauh dari kampus yaitu Student Boarding House dan Student Pavillion. Unit Student Boarding House berjumlah 189 bangunan yang masing-masing bangunan dihuni oleh 4 mahasiswa. Sedangkan unit Student Pavillion terdiri dari 64 bangunan yang masing-masing dihuni 22 orang mahasiswa. Setiap unit Student Pavillion terdiri dari 2 lantai, 5 kamar di lantai dasar, 6 kamar di lantai atas, dengan fasilitas AC, kamar tidur dan lemari di setiap kamar.

Yang selalu menjadi pertanyaan adalah apa keunggulannya? Tenang saja, Universitas Presiden memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh banyak kampus lain, diantaranya adalah:

  • Kurikulum Internasional – Universitas President menerapkan kurikulum standar internasional.
  • Lingkungan Berbahasa Inggris – Semua mata kuliah disajikan dengan pengantar bahasa Inggris. Mahasiswa akan dibiasakan berbicara, menulis, dan berpikir dalam bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional dewasa ini.
  • Ekstrakurikuler Mahasiswa – Universitas Presiden menyediakan fasilitas yang menunjang aktivitas mahasiswa sepeti President Executive Club, Jababeka Golf and Country Club, kolam renang, lapangan tenis, lapangan sepak bola, lapangan bola basket.
  • Komunitas Multinasional – Mahasiswa Universitas Presiden berasal dari seluruh pelosok Indonesia dan mancanegara seperti China, Filipina, Korea Selatan, Vietnam dan Laos.
  • Pengalaman Kerja – Universitas Presiden menyediakan program magang selama 2 semester bagi semua mahasiswa sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa ke jenjang karier. Ini sangat berarti karena dapat menjadi nilai tambah ketika mencari pekerjaan bagi fresh graduate. Tidak jarang, mahasiswa Universitas Presiden yang pernah magang ditawari untuk lanjut bekerja di perusahaan tempat magang setelah lulus.
  • Sistem yang memungkinkan mahasiswa dapat lulus dengan cepat

Universitas Presiden menyediakan beasiswa untuk anak-anak bangsa yang berprestasi dan tidak mampu. Kampus ini menyambut semua anak-anak bangsa calon pemimpin masa depan untuk menjalani proses pendidikan di President University. Hal ini tertera dalam motto President University; “where tomorrow leaders come together”. Beasiswa Universitas Presiden ini diberikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi syarat dengan bukti-bukti yang lengkap dan jelas sesuai ketentuan.

Beasiswa Universitas Presiden adalah bantuan biaya pendidikan yang diperuntukan bagi mahasiwa program sarjana reguler yang diterima Universitas Presiden melalui proses seleksi yang diadakan oleh pihak kampus Beasiswa yang ditawarkan mencakup seluruh biaya pendidikan selama studi dan besarnya tergantung dari nilai SMA, dan nilai tes masuk Universitas Presiden tanpa mempedulikan latar belakang kondisi keuangan keluarga. Jadi setiap siswa memiliki kesempatan yang sama besar.

Adapun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa dari Universitas Presiden adalah sebagai berikut:

  1. Akan atau Telah Lulus SMA dengan nilai rapor minimum 7.5 -8.0
  2. Lulus ujian saringan masuk Universitas Presiden dengan rata-rata nilai 80
  3. Melengkapi dokumen seperti fotokopi rapor terlegalisir dari kelas X-XII, 2 foto berwarna 4×6, fotokopi KTP/kartu pelajar, fotokopi sertifikat/penghargaan dari kegiatan akademik maupun akademik dll

Universitas Presiden akan memperpanjang pemberian beasiswa jika mahasiswa memiliki performa akademis yang baik. Salah satunya dengan memiliki Indeks Prestasi (IP) rata-rata minimal 3.0. Adapun pengajuan beasiswa yang tidak lengkap akan tidak diproses dan jika diperlukan, panitia akan melakukan peninjauan lapangan selain dikirim ke sekolah-sekolah, formulir pendaftaran dan brosur tersedia secara elektronik. Berkas-berkas kelengkapan yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa ini dapat dilihat pada formulir pendaftaran dan brosur tersebut.

Setelah melaui proses seleksi, pengumuman hasil seleksi calon penerima beasiswa ini akan diumumkan melalui website resmi kampus ini. Keputusan panitia adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Jadwal Tes Beasiswa

Untuk detail tempat dan jam pelaksanaan tes beasiswa dapat dicek di http://www.president.ac.id/placement-test-schedule-2/

Pendaftaran Beasiswa

Untuk pendaftaran beasiswa dapat dilakukan secara online di www.president.ac.id/registeronline

Informasi Lebih Lanjut:

President University
Jababeka Education Park
Jl. Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka

Cikarang Baru, Bekasi 17550

Telp. : (021) 8910 9762 – 63
Fax     : (021) 8910 9768

http://www.president.ac.id/


Artikel ini ditulis oleh penulis KampusGw.  Surya Alam merupakan nama pena dari Agung Setiyo Wibowo. Saat ini ia masih berstatus sebagai mahasiswa Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Sebelum bekerja di SWA Media, ia mengabdikan dirinya di Schlumberger, Partnership for Governance Reform (Kemitraan), ASEAN dan Kompas Gramedia. Ia tertarik pada isu politik, kebudayaan dan komunikasi pemasaran.


Share

About Surya Alam

Surya Alam merupakan nama pena dari Agung Setiyo Wibowo. Saat ini ia masih berstatus sebagai mahasiswa Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Sebelum bekerja di SWA Media, ia mengabdikan dirinya di Schlumberger, Partnership for Governance Reform (Kemitraan), ASEAN dan Kompas Gramedia. Ia tertarik pada isu politik, kebudayaan dan komunikasi pemasaran.
Webste: http://kampusgw.com
All Posts : 86

One Comment

  1. anna athirah says:

    jika tidak mempunyai sertifikat?

LEAVE A REPLY

*

Current day month ye@r *