Kuliah Sambil Kerja? Tentu Bisa!

Banyak anak Indonesia yang orang tuanya cuma mampu membiayai sekolah sampai SMA, padahal si anak masih ingin lanjut kuliah. Akhirnya kebanyakan dari mereka langsung bekerja begitu mereka lulus SMA. Kalau hal itu juga terjadi pada kamu, jangan putus asa untuk berjuang melanjutkan kuliah. Ada banyak pekerjaan yang bisa di jadikan modal untuk membiayai kuliahmu sendiri. Salah satunya pekerjaan sebagai pramugari/a haji. Beberapa maskapai penerbangan membutuhkan tambahan kru khusus di musim haji karena jumlah penumpang jauh lebih banyak dari biasanya. Salah satu maskapai penerbangan yang membutuhkan tambahan kru diwaktu musim haji yaitu Garuda Indonesia. Gajinya lumayan besar, totalnya sekitar Rp. 20.000.000. Bisa ditabung untuk biaya kuliah kamu.

Aku salah satu pramugari haji Garuda Indonesia base Solo, dan aku akan cerita pengalaman lengkapku bekerja sebagai pramugari haji untuk membiayai sebagian kuliahku.

Aku baru memasuki awal semester , waktu aku mendapat info tentang pekerjaan ini. Pekerjaan menyenangkan selama 4 bulan (Oktober – Januari) sebagai pramugari haji di maskapai penerbangan paling bergengsi di Indonesia, Garuda Indonesia.  Awalnya aku tidak percaya ada pekerjaan dengan jangka waktu yang pendek, travelling gratis ke Saudi Arabia dan gaji yang lumayan besar. Meskipun ragu, iseng-iseng aku coba daftar ke  http://haji.garuda-indonesia.com/awakkabin dan ternyata pekerjaan ini benar-benar nyata.

Rekrutmennya diadakan setiap tahun sekitar bulan Februari. Proses seleksinya lumayan cepat karena bulan haji dimulai sekitar bulan oktober. Sebelum mulai bekerja, akan ada training dan persiapan teknis seperti pengukuran seragam, pembuatan ID, pengenalan antar kru, dll. Prosesnya lumayan lama, jadi sebisa mungkin perusahaan mempersingkat proses seleksi. Selektif mencari pegawai temporer, tapi juga efektif dalam pelaksanaannya.

Setelah terdaftar secara online, aku ikut seleksi tahap awal sesuai jadwal dan ternyata aku lolos test sampai tahap akhir. Aku dan teman-teman dari base Solo dilatih secara intensif selama tiga bulan di Garuda Training Center di Jakarta bersama teman-teman dari base lain seperti Aceh, Padang, Makassar dan Makassar. Kami dilatih layaknya pramugari regular, tapi waktu pelatihannya dipersingkat karena keterbatasan waktu. Aku terpaksa meninggalkan kuliahku selama 3 bulan selama pelatihan, tapi aku yakin masih bisa mengejar ketinggalan dengan mengulang matakuliah di semester berikutnya.

Pengalaman terbang sebagai pramugari untuk yang pertama kalinya benar-benar membingungkan dan menegangkan. Namun seiring berjalannya waktu, aku mulai terbiasa dengan pekerjaan ini. Perjalanan ke Saudi Arabia dari base Solo ditempuh dalam waktu 10-13 jam karena harus transit ke Batam untuk mengisi bahan bakar. Setelah istirahat 2 hari di Saudi Arabia, kami kembali ke Indonesia. Sesampainya di Indonesia, kami diberi waktu istirahat selama 3-5 hari sebelum kembali lagi ke Saudi Arabia. Begitu seterusnya selama 4 bulan kedepan. Kelihatannya mudah, tapi cukup berat buatku karena masa istirahat selama 3 hari di Indonesia aku pakai untuk mengejar ketinggalanku dikampus. Aku pinjam catatan teman, mempelajari materi pelajaran, ikut ujian susulan, dll. Ketika jadwal terbang sudah dekat, aku harus naik kereta ke Solo karena aku tinggal di Yogyakarta. Meskipun berat tapi aku merasa puas karena aku bisa membagi waktuku dengan baik. Aku bekerja sebagai pramugari haji Garuda Indonesia selama 3 tahun. Aku bisa menjalankan tugasku sebagai pramugari haji, membiayai sebagian kuliahku sendiri dan menyelesaikan kuliah dengan predikat CumLaude.

Sebenarnya ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu kerjakan sebelum atau selama masa kuliah. Selain kamu dapat pengalaman berharga, kamu juga bisa membiayai kuliahmu sendiri. Cerita diatas cuma salah satu contoh dari sekian banyak cerita sukses mahasiswa yang membiayai kuliahnya sendiri. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang pekerjaan yang bisa dilakukan disela kuliah dan mulai petualanganmu sebagai mahasiswa yang mandiri. Jangan pernah menyerah untuk melanjutkan kuliah. Ingat, kamu bisa tetap kuliah sambil bekerja.


Artikel ini ditulis oleh penulis KampusGw.  To change this standard text, you have to enter some information about your self in the Dashboard -> Users -> Your Profile box.


Share

Berita Terkait

Sorry, no related post.

2 Comments

  1. randi says:

    mbak tolong kabari lewat email kalau ada info awak kabin haji karena saya telat mendaftar,saya adalah mahasiswa penerima beasiswa menteri dan juga paskibraka dan pernah ikut duta wisata dan pertukaran pemuda keluar negeri cp:085381347428

  2. masay says:

    mbak tes kesehatannya apa saja ya,
    gaji segitu perbulan atau itu gaji 4 bulan..

LEAVE A REPLY

*

Current day month ye@r *